Monday, May 22, 2017

Pengalaman Berhadapan dengan Malware launcpage.org (Menghilangkan launchpage.org)

Cara menghilangkan malware Launchpage.org, Pengalaman saja


Launchpage org ini muncul ketika saya membuka browser chrome saya di komputer, biasanya saat kita membuka browser pada waktu pertama kali, tampilan awal yang kita lihat adalah kalau tidak halaman home, atau bisa juga halaman history hasil penjelajahan browser kita, tergantung setting an browser kita, tapi jika sudah terkena malware ini, malah muncul halaman launchpage.org


Launchpage ini bersumber dari program yang kita install secara gratis, saya ingat sebelum muncul launchpage ini saya pernah menginstall aplikasi vobsub, yaitu aplikasi yang pada awalnya saya harapkan dapat berguna untuk alat membuat subtitle pada video saya yang digabungkan dengan virtualdub. Tapi saya tidak dapat memastikan sumbernya dari vobsub tersebut, karena saya juga menginstall aplikasi lain namun lupa karena saking banyaknya, Memang saat itu memang lagi mencari aplikasi yang free yang ada sambungannya dengan virtualdub. Virtualdub adalah aplikasi yang berguna sekali dalam menghilangkan goyangan kamera atau sebagai stabilizer, ternyata setelah saya pakai, bukan hanya itu manfaatnya, virtualdub juga bisa digunakan untuk menempelkan logo pada sebuah video, Mengapa saya pakai ini? Karena ukuran programnya yang tidak memakan tempat, berbeda jika kita memakai semacam aplikasi editing video adobe premiere yang memakan memori sampai satuan giga untuk fungsi yang sama.


Belum ada petunjuk bahwa sabotase launchpage ini merusak file kita, yang jelas sabotase browser ini dapat menimbulkan rasa kesal manakala orang sudah berusaha menghilangkannya bahkan sampai reset browsernya namun masih muncul kembali. Hal ini karena launchpage ini membajak/mensabotase shortcut browser kita, bukan pada dalemannya browser kita.
Bagaimana
Setelah saya gogling sana sini, ketemulah salah satu cara menghilangkan launchapage ini. Cara ini adalah cara pertama yang saya pakai dan ternyata sudah berhasil, oleh sebab itu saya tuliskan disini sebagai bahan referensi untuk siapa yang membutuhkan. Cara ini saya dapatkan dari gogling yang mengarah pada situs malwaretips dot com, disini saya diarahkan untuk mendownload aplikasi bernama zemana yang portable, aplikasi ini bisa kita download pada zemana dot com.
Hasil downloadan ini ukurannya kurang lebih 14 MB, tinggal scan, tunggu beberapa menit dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini

ihat bahwa komputer saya terkena 10 malware, setelah selesai scan, nanti akan ada pilihan next untuk membersihkan berbagai jenis malware ini,
Lalu selesai

semoga bermanfaat

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]