Thursday, November 30, 2017

Cara Mengekspor Model PMG UKTS Pada Zmodeler2

Selamat pagi gaes, berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya pengen memberikan catatan mengenai ekspor model pmg UKTS agar nantinya bisa masuk di dalam game UKTS. kira-kira apa saja yang diperlukan? OK kali ini bagi yang penasaran silahkan baca baik-baik artikel ini, oiya bagi yang pengen cari tau cara mengimport modelnya bisa dilihat pada postingan disini, dua langkah ini yaitu import dan eksport merupakan langkah yang tidak sesederhana import eksport pada adobe pothoshop maupun corel, di dalam import dan ekspor menggunakan zmod2 ini memiliki langkah-langkah dan syarat tertentu yang harus dilakukan. Jika syarat dan langkah khusus ini tidak dilakukan atau hanya sekedar ekspor, bisa jadi di dalam game nantinya, model yang kita eksport malah muncul warna merah, atau bahkan menjadi penyebab crash not responding. OK langsung saja kita lihat dibawah ini ya.


Eksport model dari Zmod2 ke dalam game UKTS memang tidak bisa langsung sekedar klik eksport, kasih nama lalu langsung jadi, sebelumnya perlu kita perhatikan beberapa persyaratan dan langkah yang harus kita penuhi sebagai berikut :

1. Pastikan semua model sudah diberi tekstur
OK masih bersama catatan saya, semoga anda bisa betah membaca sampai bawah, karena tulisan seperti ini belum pernah ada yang mencoba menuliskannya, admin myspacenote.blogspot mencoba menuliskannya kepada anda yang mungkin tidak sempat streaming tutorial via youtube, atau mungkin malah masih bingung sama tutorial tutorial yang ada di youtube, karena yang kalian lihat di youtube langkah-langkahnya tidak dijelaskan secara detail, seperti struktur struktur di bawah.

bagi yang masih bingung apa hubungannya model, material, texture, trus ada lagi tobj, penjelasan gampangannya ala myspacenote.blogpost yaitu, material dan texture itu adalah kulit, sedangkan model itu adalah bentuk 3Dnya,

di dalam game UKTS ini sebelum kita eksport ke PMG, pastikan model 3dnya sudah ada kulitnya (ada material dan texture), jangan sampai terlewatkan satu face pun, baik itu model pada struktur "vis" maupun pada struktur "coll". Perlu kita ketahui juga pada coll ini walaupun kita beri kulit, di dalam game UKTS nanti sudah otomatis transparan, jadi yang kelihatan adalah model yang ada di dalam struktur "vis" (visibility/terlihat).


2. Pastikan file path sudah benar,

setelah klik eksport pada zmod2, kita pilih menu "Save as type" kita pilih "18 Wheel of steels" selanjutnya akan muncul menu dibawahnya yang 18 Wheels of steel, pilih version ETS/GTS, kemudian yang tak kalah penting adalah base.scs dibawahnya pilih lokasi folder base, seperti pada contoh gambar di atas, base path kita setting pada folder C:\Users\user\Desktop\model\ sesuaikan dengan lokasi folder anda masing-masing ya gan,
pada contoh ini file akan saya eksport ke folder C:\Users\user\Desktop\model\model\motor, mungkin kalian masih penasaran bagaimana kita menentukan folder base pathnya? tentu kita bisa lihat contoh struktur base path bawaan game itu sendiri pada file yang bernama base.scs yang berada di folder instalan, bukalah menggunakan winzip atau winrar. lalu lihatlah folder dan file apa saja yang berada di dalamnya. Peletakan model pmg ini di dalam struktur base tersebut bisa sesuka hati kita, namun, hendaknya kita atur sedemikian rupa sehingga kita mudah mencarinya.

3. Perhatikan nama struktur harus sama dengan nama file pmg saat ekspor
nama struktur misalnya pada contoh gambar di atas, kita namakan motor, dimana dalam struktur model motor tersebut terdiri dari substruktur yang dinamakan "vis", di dalam "vis" itulah model motor kita tempatkan, dalam hal ini pengaturan struktur model PMG UKTS, nama struktur di dalam "vis" tersebut dikosongi, karena jika nama model yang berada bagian "vis" tersebut kita beri nama, maka Game UKTS akan membacanya juga sebagai flare, dan pasti di dalam game UKTS nantinya, akan meminta settingan def flare dan sebagainya, dan pastinya tidak ada sehingga memunculkan pesan eror di dalam game yang berkaitan dengan flare yaitu pesan eror warna merah sejenis "cannot find hookup".

contoh di atas adalah contoh model yang tidak ada collisonnya, sehingga jika saat kendaraan player bisa tembus model tersebut, berikut ini adalah contoh struktur model pmg UKTS yang sudah dilengkapi collison, alias bisa ditabrak

di gambar ini dapat sampeyan lihat sendiri perbedaan antara model yang bisa ditabrak dengan yang model yang tembus terletak pada ada tidaknya struktur collison pada pmg. pada model yang ada collisonnya, dapat kita lihat di strukturnya selain ada nama "vis" yang berfungsi untuk meletakkan model, juga ada struktur yang bernama "coll" untuk meletakkan kotak collisonnya. collison pada model ini biasanya berbentuk kotak yang sederhana, karena memang kita tidak perlu membuat collison yang detail banget soalnya collison di game nanti ga bakalan kelihatan bagaimana bentuknya tapi berfungsi sebagai sentuhan saja. OK semoga kalian paham ya gan. mengenai struktur pmg model UKTS ini.

tentunya kita telah paham maksudnya kata-kata "coll" apa itu "vis" saat melihat model PMG ya gan, nah dalam mengeksport ini kita perhatikan juga nama struktur paling atas, pada gambar pertama di atas, nama struktur paling atas adalah "motor", sehingga bila kita nanti mengeksport model pmg, namanya juga harus sama "motor" jangan memakai nama lain. Ini adalah poin penting dalam eksport zmod2 yang tidak umum dilakukan semacam eksport gambar di MS Paint atau Photoshop, sehingga kalian perlu memperhatikan.


4 Langkah tambahan yaitu mengecek alamat pada file tobj, apakah sudah benar alamat foldernya, dapat kita lakukan dengan membuka file yang berekstensi tobj menggunakan tobj editor (baca lebih lengkap tentang tobj editor disini)
myspacenote.blogspot 2017

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]